Ponpes Sirojul Huda Soreang

KH. Tohir Rohili

Berdirinya Pondok Pesantren Sirojul Huda didirikan oleh KH. Tohir Rohili
yang lebih dikenal dengan sebutan Ajengan Encep O’ing. Pondok Pesantren
Sirojul Huda merupakan pondok pesantren salafiyah, yang beralamat di Kampung Parungserab, Desa Parungserab, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Kondisi sosial keagamaan masyarakat pada saat itu terhadap pesantren sangat rendah. Namun KH. Tohir Rohili mengamati sifat dan kebiasaan masyarakat saat itu yang gemar terhadap bela diri pencak silat, maka timbulah gagasan untuk mendirikan sebuah perguruan silat saja. Sebuah perguruan seni bela diri pencak silat yang menyebabkan masyarakat mempunyai antusias tinggi untuk mendaftarkan anaknya ke perguruan seni bela diri pencak silat tersebut.

Dengan kecerdikannya KH. Tohir Rohili membuat aturan bahwa sebelum belajar seni bela diri silat harus mengaji Al-Qur’an terlebih dahulu. Setelah banyak yang tertarik mempelajari seni bela diri pencak silat, maka ia putuskan fokus pada mengaji AlQur’an nya saja dan akhirnya dibangunlah pondok pesantren pada tahun 1980. Setelah santri banyak, kegiatan pencak silat tersebut dihilangkan, dan sekarang hanya ada pesantrennya saja.

Related posts

Leave a Comment