PAC GP Ansor Rancaekek Bantu Korban Longsor Cimanggung

Rancaekek, Ansor Media – PAC GP Ansor Kecamatan Rancaekek ikut membantu korban bencana longsor yang menimpa Desa Sukadana dan Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Minggu, (10/01).
“Ini sebagai bentuk kemanusiaan, sebagai makhluk sosial yang sudah seharusnya saling peduli dan saling membantu apabila saudara kita dalam keadaan susah. Apalagi meskipun berbeda wilayah Kabupaten, tapi secara geografis jarak antara Cimanggung dan Rancaekek hanya puluhan meter saja,” terang Arif Ketua PAC GP Ansor Rancaekek.
Dia juga menyampaikan bahwa bantuan yang bisa diberikan baru sebatas bantuan fisik saja, dengan cara membersihkan barang-barang rumah tangga yang terendam, serta menyapu bersih sampah di jalanan akibat terendam banjir paska longsor terjadi. Aksi bersih-bersih ini juga dilakukan bersama dengan jajaran PC GP Ansor Sumedang beserta MWC NU setempat,
“Beberapa rumah hampir terendam semua, pabrik kerupuk hancur, budidaya ikan lele milik Pondok Pesantren Miftahunnajah Al Musri habis terbawa arus banjir. Sedikit bantu-bantu membersihkan, untuk ikut meringankan beban moral korban,” katanya.
Namun menurut Arif, saat melakukan bersih-bersih ada sebagian masyarakat korban yang berharap adanya bantuan sembako, sehingga kami secara terpisah mengadakan open donasi melalui warga sekitar yang tidak terkena bencana, pemerintah setempat serta PC GP Ansor Kabupaten Bandung.
“Karunya masyarakat, jol teh sugan rek ngabagi makanan senah kitu. Matak ayeuna muter heula milari donator ka warga, puskesmas sareng ngahubungi PC Ansor Kabupaten Bandung,” ungkapnya.
Seperti diketahui telah terjadi longsor yang menerjang Desa Sukadana dan Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, pada Sabtu, (9/01).

Pewarta: Chandra Gupta

Related posts

Leave a Comment