Ngarit; Ngaji Burit Rijalul Ansor Cibeureum

Kertasari, Media Ansor – Pimpinan Ranting (PR) Rijalul Ansor Cibeureum melaksanakan rutinan ngaji kitab kuning di Ma’had Nurul Huda Al Islami Kp Sukasari Desa Cibeureum, Kertasari, Rabu, (13/01).

Kegiatan ini bermula dari para anggota Ansor Cibeureum yang didominasi oleh alumni pesantren yang biasa berkegiatan mengaji di pesantrenya, serta mendapat amanat dan pepatah dari salah satu Kiai Pondok Pesantren yang sekaligus penasehat Ansor Cibeureum, untuk selalu mengadakan pengajian agar ilmu yang didapat di Pondok Pesantren tetap bermanfaat.

Atas amanat tersebut, PR GP Ansor Cibeureum langsung memusyawarahkan kemudian menindak lanjuti amanat yang di berikan.

Hasil dari musyawarah,  Wisnu Wildan Ketua Rijalul Ansor Ranting Cibeureum menetapkan kegiatan NGARIT (Ngaji Burit) yang berarti ngaji malam. Karena kebanyakan siang dan sore para anggota punya kegiatan masing-masing jadi kegiatan ini di laksanakan setiap malam hari, tepatnya malam kamis dan malam minggu setiap ba’da Isya.

Adapun kitab yang di kajinya ialah Kitab Risalah Ahlissunnah Wal Jama’ah yang di pimpin oleh Ajengan Lukman Hakim, beliau sebagai Ketua LD MWCNU Kecamatan Kertasari yang berlangsung pada malam minggu. Dan Kitab Al Bajuri yang di pimpin oleh Ajengan Abdul Qohar beliau sebagai Khodimul Ma’had Nurul Huda yang berlangsung pada malam kamis.

Kegiatan NGARIT ini sudah berlangsung selama 1 tahun lebih di bawah kepemimpinan Hudan Permana Sidiq sebagai Ketua PR Ansor Cibeureum dan kegiatan ini telah satu kali mengkhatamkan Kitab.

Menurut Ibnu Abdulloh Kasatkorkel Banser Cibeureum kegiatan ini bagus untuk kader, karena dapat menambah wawasan dan menjaga tradisi Ahlussunnah Wal Jama’ah.

“kegiatan Ngarit ini suatu hal yang bagus bagi kami para anggota Banser. Karena kami di Banser tidak cukup dengan bergiatan ngePAM, dengan adanya kegiatan ini kami pun bisa menambah wawasan serta menjaga tradisi Aswaja dan semoga mendapatkan keberkahan dari para Ulama,” terangnya.

Pewarta: Hudan PS

Editor: Chandra Gupta

Related posts

One Thought to “Ngarit; Ngaji Burit Rijalul Ansor Cibeureum”

  1. Mantabs. . Ansor Kab.Bandung Semakin terpimpin.
    Jaga selalu kebersamaan Dan kekompakan!
    Ust. Lukman sehat selalu

Leave a Comment