KUACI “Kelompok Usaha Ansor Cimekar”

Cileunyi, Ansor Media – Kuaci adalah makanan yang di hasilkan dari biji bunga matahari, cemilan yang asik dimakan bersama-sama apalagi saat ngobrol ataupun nonton bola.

KUACI ini bukanlah cemilan, melainkan “Kelompok Usaha Ansor Cimekar”. Dibentuknya usaha bersama ini didasari oleh semangat berjamaah kader Ansor. Pelaku usaha yang tergabung di KUACI sebagian besar adalah pengurus Ranting Ansor Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi.

KUACI sudah berjalan dan masing-masing anggota kelompok telah memasarkan produknya masing-masing. Ide KUACI berawal dari obrolan kecil, kemudian bersepakat membentuk satu kelompok usaha bersama. KUACI resmi digulirkan pada awal maret 2021.

Adapun jenis-jenis produk yang di jual diantaranya ada magot (larva dari jenis lalat black soldier), larva tersebut mengandung banyak vitamin untuk pakan ikan dan ternak. Arang sekam bakar untuk media tanaman khususnya hydroponik dan juga sangat baik untuk menyuburkan tanah. Dua produk ini adalah hasil produk dari pengolahan dan pemamfaatan limbah sampah yang bernaung di KAPPSA ( Kampung Pesantren peduli sampah).

Selain dari magot dan sekam ada lagi Kopi Arabika, diproses langsung dari kopi jenis arabika yang ditanam di gunung Manglayang dengan ketinggian 1000-1300 Mdpl. dengan cita rasa khas dan berbagai jenis olahan seperti fullwash, Honey, Natural dan lainnya.

Ada lagi Gula aren murni, dengan kualitas yang baik dan layak dikonsumsi baik untuk campuran makanan ataupun minuman, aroma wangi khas aren yang wangi menambah cita rasanya.

Selain dari produk yang disebutkan, ada lagi produk dan jasa lain seperti Las listrik, jasa Desain logo, Tas dan lainnya. Semoga KUACI dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha yang ada di Kecamatan Cileunyi dan dapat memberikan manfaat bagi anggotanya. Dan ke depan mudah-mudahan akan banyak produk yang dihadirkan.

Kontak KUACI
IMAM 085314211926
ISAN 089657856533

Pewarta: Nasihin

Editor: Chandra Gupta

Related posts

Leave a Comment