Kang Cucun: Kami Punya LBH Ansor

Solokanjeruk, Ansor Media – Ketua Fraksi DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal yang akrab disapa Kang Cucun mengungkapkan bahwa di Kabupaten Bandung ada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor yang senantiasa hadir untuk membantu kepentingan-kepentingan masyarakat yang tidak mampu dan tidak mengerti bagaimana menghadapi permasalahan hukum.

“Kami punya LBH Ansor, yang senantiasa memperjuangkan kalangan masyarakat yang tidak mampu membuat satu upaya hukum, dan kita selalu hadir hadir di tengah-tengah masayarakat,” ungkapnya.

Ungkapan tersebut disampaikan Kang Cucun dalam kegiatan Edukasi Publik hasil kerjasama Komisi Yudisial bersama LBH Ansor Kab. Bandung di Pondok Pesantren Sa’adatuddaroin, Solokanjeruk, Kamis, (23/9).

Selanjutnya dia juga menyampaikan bahwa Komisi Yudisial adalah satu lembaga yang lahir dari rahim reformasi sebagai bentuk tanggungjawab negara untuk memperbaiki tatanan hukum yang pada masa pemerintahan orde baru dianggap tidak jelas.

“Komisi Yudisial adalah satu Lembaga yang lahir dari rahim reformasi, bagaimana dulu di era orde baru kita melihat pengadilan yang begitu tidak jelas arah ujung pangkalnya ke mana. Tapi dengan kehadiran Komisi Yudisial, dari proses seleksi hakim sampai ke pengawasan, kemudian peran serta masyarakat bisa mengawasi putusan-putusan perkara yang ditangani oleh hakim. Ini adalah suatu tatanan yang luar biasa,” lanjut Kang Cucun.

Kemudian dalam acara yang mengusung tema “Peran dan Fungsi Komisi Yudisial Dalam Pemenuhan Hak Atas Keadilan Masyarakat” ini dia juga berharap Komisi Yudisial dapat menjadi kanal atau penghubung antara masyarakat di bawah yang tidak mengerti hukum, sehingga mampu memahami proses hukum yang dihadapinya.

“Komisi Yudisial menjadi kanal untuk bagaimana ratapan atau curhatan anak bangsa, masyarakat perlu tahu apa tugas fungsi dan wewenang Komisi Yudisial, dan saya menginginkan bagaimana nanti ke depan semua teman-teman ini menjadi bagian daripada pengawasan hakim yang ada di Bale Bandung,” harapnya.

Selain peserta dari perwakilan GP Ansor Sekabupaten Bandung, acara ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kecamatan, dan Pemerintah Desa.

Pewarta: Chandra Gupta

Related posts

Leave a Comment