Kaleidoskop 2020: PC GP Ansor Kabupaten Bandung

Kab. Bandung, Ansor Media – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Bandung telah melalui 2020 dengan beberapa kegiatan.

Kegiatan meliputi beberapa bidang yang memberikan cerita dan kesan tersendiri dalam pelaksanaannya. Kesan yang nampak tentu saja terjalinnya silaturahmi yang lebih dalam di antara Pimpinan Cabang dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta kader-kader Ansor lain di semua lapisan.

Sepanjang tahun 2020 sejak terbentuknya kepengurusan PC GP Ansor Kabupaten Bandung yang baru, telah diadakan kaderisasi PKD dan Diklatsar Banser di beberapa PAC, kegiatan ekonomi, dan majlis rutinan Rijalul Ansor.

  1. PKD dan Diklatsar Banser

PKD dan Diklatsar Banser merupakan kegiatan kaderisasi kader Ansor sebagai bentuk regenarasi dan mempersiapkan calon-calon pemimpin yang dapat melanjutkan estafet perjuangan dalam organisasi. Beberapa PAC yang telah melaksanakan kaderisasi adalah:

  • Kecamatan Cileunyi (PKD & Diklatsar)
  • Kecamatan Soreang (PKD)
  • Kecamatan Kutawaringi (PKD)
  • Kecamatan Kertasari (PKD & Diklatsar)
  • Kecamatan Majalaya (Diklatsar)
  • Kecamatan Dayeuhkolot (PKD)
  • Kecamatan Margahayu (PKD)
  • Kecamatan Katapang (PKD)
  • Kecamatan Pacet (Diklatsar)
  • Kecamatan Cimaung (PKD)
  • Kecamatan Banjaran (Diklatsar)
  • Kecamatan Baleendah (PKD & Diklatsar)
  • Kecamatan Ciparay (Diklatsar)
  • Kecamatan Cicalengka (PKD), dan
  • Kecamatan Bojongsoang (Diklatsar)

Untuk Kecamatan yang belum melaksanakan kaderisasi akan diagendakan pada tahun 2021.

  1. SAPA KADER

Sapa Kader adalah kegiatan kunjungan silaturahmi PC GP Ansor Kabupaten Bandung kepada seluruh kader Ansor di tingkat PAC di seluruh Kabupaten Bandung. Kegiatan ini diagendakan menjadi program rutin tahunan untuk mempererat tali silaturahmi antar kader serta mengetahui permasalahan yang ada di tingkat bawah, sehingga dapat ditemukan solusi bersama untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

  1. Program 1 Milyar, 1 Kecamatan

Program ini merupakan program inti dari Bidang Ekonomi yang mempunyai rencana untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) kader Ansor di semua lapisan. Potensi yang dibangun oleh bidang ekonomi ini adalah potensi pengembangan usaha dan rintisan usaha. Dengan perencanaan yang telah dibuat, berharap target 1 Milyar, 1 Kecamatan dapat direalisasikan selama masa bakti dijalankan.

  1. LBH Ansor

Meskipun terhitung baru, Lembaga Hukum telah mempunyai prestasi tersendiri dengan mampu menangani beberapa kasus yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Dari mulai kasus sengketa tanah yang menimpa petani, melawan perusahaan besar PT. Lonsum sampai penanganan kasus PHK pegawai di salah satu perusahaan swasta.

  1. SPJ (Sekolah Pendidikan Jurnalistik)

Adalah program yang dilaksanakan oleh Bidang Kaderisasi, Pendidikan dan Organisasi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencetak kader Ansor yang melek terhadap media, baik media sosial, digital maupun cetak. Sehingga kader Ansor ke depan tidak mudah terpancing berita-berita bohong (hoaks), bahkan bisa meluruskan.

  1. Media Ansor

Ini merupakan kelanjutan dari program SPJ yang telah dilaksanakan oleh Bidang Kaderisasi, Pendidikan dan Organisasi. Dengan adanya Media Ansor, Organisasi dapat memberikan informasi terkait kegiatan keorganisasian serta sebagai tempat penyaluran pemikiran yang telah dituangkan ke dalam tulisan yang dapat dibagikan melalui laman situs resmi serta media sosial official yang telah dibangun oleh PC GP Ansor Kabupaten Bandung.

Dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PC GP Ansor Kabupaten Bandung selama tahun 2020, dapat menjadi satu tahapan yang menjadi pemicu untuk lebih baik di tahun baru ini.

Namun ada beberapa pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan di 2021, antara lain; PKL, Susbalan, Dirosah Ula dan Giat Bidang-Bidang di kepengurusan PC GP Ansor Kabupaten Bandung yang belum terlihat geliatnya sampai hari ini. Jum’at, (01/01/2021).

Related posts

Leave a Comment