JIHAD MELAWAN FIKRAH-FIKRAH INTOLERAN SERTA PENGUATAN IDEOLOGI AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH AN-NAHDHIYAH

Nagreg – Kegiatan rutinan bulanan JIHAD (Ngaji Poe Ahad) MDS PC Rijalul Ansor Kab. Bandung bulan Oktober dilaksanakan di zona 4 (empat) turut hadir Ansor Cicalengka, Cikancung, Rancaekek dan PAC Ansor Kecamatan Nagreg sebagai tuan rumah yang bertempat di Masjid Miftahul Falah, (04/10/2020) dengan tema Menyatukan Gerak Langkah Generasi Muda Demi Menjaga Marwah Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah.

Ahmad Fathoni sedang menyampaikan sambutannya.

Menurut Ketua PC GP Ansor Kab. Bandung sahabat Ahmad Fathoni bahwa program Rijalul Ansor JIHAD ini sebagai ruh gerakan serta penguatan ideologi ke NU-an sebagai counter hegemoni fikrah dan harokah non ke NU-an, meskipun secara amaliah NU yang memang masyarakat umum anti mendeklarasikan diri sebagai warga Nadhiyin guna menjaga marwah serta indoktrinasi ukhuwah islamiyah wathaniyah.

Gerakan JIHAD ini sebagai lawan pembanding untuk fikrah-fikrah yang notabene abu-abu di setiap wilayah tersebut.

JIHAD ini juga sebagai fasilitator yang menjadikan nahdhiyin sebagai fikrah amaliah yang berkonsentrasi sebelumnya sebagai masyarakat pesantren.

Menurut ketua MDS Rijalul Ansor sahabat Kheru faruq bahwa Rijalul Ansor ini sebagai penjaga dan penyebar STMJ (Sholawat, Tahlil, Marhaba, dan Jiarah).

Antusiasme sahabat Ansor mengikuti JIHAD

Sebagai organisasi penjaga amaliah dan harokah NU yang menjaga tradisi lama yang baik dan berinovasi hal yang baru dengan nilai kebaikan yang baik sesuai modernisasi, ini sebagai tugas dan fungsi MDS Rijalul Ansor.

Kegiatan ini akan tersebar di setiap PAC yang nantinya mengaktifkan kader-kader muda di tiap kecamatan juga menjaga kaderisasi setiap PAC yang ada supaya regenerasi untuk kedepannya.

Tarbiyah yang dilakukan oleh MDS Rijalul Ansor ini berkolaborasi dengan MWC NU setempat, untuk menjaga adab dan akhlak sebagai garda terdepan menghalau forqo-fikrah yang baru, baik oleh tanfidziyah atau syuriah nya.

Sahabat Ceng Fasya Abdillah sekjen MDS RIJALUL ANSOR PC KAB.BANDUNG juga menambahkan bahwasanya program MDS rijalul ansor yang bertema jihad (ngaji poe ahad) ini juga sebagai perjalanan safari dakwah dari sebahagian poin-poin program kegiatan yang sudah di sepakati pada Raker MDS Rijalul Ansor sebelum nya.

Menurut Ust. Ahmad Syafi’i bahwa gerakan penguatan ideologi ahlussunnah waljama’ah an-nadhiyah ini harus menjalaninya dengan ikhlas karena Allah SWT, bahwa bergerak ini tak bisa dilakukan sendirian, tetapi harus dijalani bersama-sama.

(Kontributor/Fikri Maulana)

Related posts

Leave a Comment