Hari Lahir Pancasila, Kang Toni: Nilai Luhur Pancasila Harus Dihadirkan Secara Nyata

Kab. Bandung, Ansor Media – Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Bandung Ahmad Fathoni menyatakan, bahwa di tengah bencana pandemi Covid-19 yang menyebabkan runtuhnya perekonomian masyarakat, nilai-nilai Pancasila wajib dihadir secara nyata.

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan kita, terutama di masa pandemi virus Corona saat ini,” kata Ahmad Fathoni yang lebih akrab dipanggil Kang Toni.

Selanjutnya Kang Toni juga menyampaikan kelima sila yang tercantum di dalam Pancasila adalah kunci persatuan untuk menciptakan kerukunan antar sesama.

“Meningkatkan persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa, meningkatkan kepedulian dan saling berbagi untuk kemajuan negeri, sehingga kita bisa saling menghargai satu sama lain dan fokus saling membantu orang-orang yang membutuhkan, khususnya kepada korban virus Corona tanpa melihat latar belakangnya sama atau berbeda dengan kita,” lanjutnya.

Ketika ditanya terkait maraknya orang memakai jaket Banser yang banyak hilir mudik di lingkungan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung, Kang Toni menyampaikan, bahwa hal tersebut adalah fenomena yang wajar, dikarenakan Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna merupakan kader Nahdlatul Ulama sekaligus Dewan Penasihat GP Ansor Kabupaten Bandung.

“Sah-sah saja ketika banyak orang yang mengapresiasi keberadaan Ansor-Banser, apalagi mereka bangga ketika memakai jakte Banser tersebut. Meskipun sebenarnya untuk menjadi kader Banser itu harus melalui tahapan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) dulu, sukur-sukur ke depan mereka ikut Diklatsar juga, biar menjadi Ansor-Banser yang kaffah, begitu kira-kira,” ungkapnya.

“Tapi jangan sampai pemakaian atribut Ansor-Banser, baik jaket Banser atau Rompi Ansor itu disalahgunakan. Contoh, masuk ke dinas-dinas atau ke perusahaan-perusahaan dengan menggunakan atribut Ansor-Banser dengan tujuan meminta proyekan. Kan gak elok,” Kang Toni melanjutkan.

“Ya, kalau ada yang meminta proyek baik ke Dinas atau Perusahaan dengan menggunakan jaket Banser mengatasnamakan Ansor-Banser, tinggal ditanya aja dia punya Kartu Tanda Anggota (KTA) atau tidak?, gitu aja kok repot,” tegasnya.

Di akhir wawancara, Ahmad Fathoni mengatakan, “Keluarga Besar PC GP Ansor Kabupaten Bandung mengucapkan, Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila Jaya!,” pungkasnya saat dihubungi melalui aplikasi sosial media whatsapp, Senin, (31/05).

Pewarta: Chandra Gupta

Related posts

One Thought to “Hari Lahir Pancasila, Kang Toni: Nilai Luhur Pancasila Harus Dihadirkan Secara Nyata”

  1. Semoga Ansor semakin mewarnai kejayaan bangsa Indonesia kini Dan sepamanya

Leave a Comment