Gelar FGD Penegakan HAM, Komnas HAM Bekerjasama Dengan LBH Ansor Jawa Barat

Kab. Bandung, Ansor Media – GP Ansor Kabupaten Bandung memfasilitasi gelaran Focus Group Discussion (FGD) hasil kerjasama antara LBH Ansor Jawa Barat dengan Komnas HAM Republik Indonesia.

Bertempat di aula gedung PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung, Kecamatan Ciparay, acara ini mengusung tema “Penegakan HAM Melalui Pelayanan Pengaduan Responsif Komnas HAM Republik Indonesia.” Kamis, (18/03).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ahmad Fathoni Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bandung, Agus Indra Firdaus Ketua LBH Ansor Jawa Barat, dan Munafrizal Manan Anggota Komisioner Komnas HAM RI.

Dalam sambutannya, Ahmad Fathoni menyampaikan kepada peserta FGD yang hadir, bahwa dengan adanya kerjasama antara Komnas HAM dan LBH Ansor Jawa Barat, dapat memberikan ruang bagi Ansor Banser Kabupaten Bandung dalam membantu menangani kasus-kasus pelanggaran HAM.

“Semoga kerjasama ini bisa membuka ruang-ruang kesempatan bagi kami keluarga besar Ansor Banser dalam ikut menangani kasus-kasus pelanggaran HAM,” kata Ahmad Fathoni.

Dalam kesempatan yang sama, Agus Indra Firdaus berharap adanya sinergi dan bimbingan dari Komnas HAM kepada GP Ansor dalam penanganan pengaduan. “Kami berharap kerjasama ini bisa bersinergi ke depannya, dan mohon bimbingannya kepada Komnas HAM kalau ada persoalan, tata cara pengaduan atau apapun itu bentuknya,” harapnya.

Acara ini digelar sebagai respon atas banyaknya aduan dugaan pelanggaran HAM yang masuk kepada Komnas HAM.

Menurut Munafrizal Manan, berdasarkan aduan yang masuk kepada Komnas HAM, Jawa Barat menempati urutan ke dua di Indonesia.

“Dari info data pengaduan yang masuk ke Komnas HAM terkait kasus-kasus pelanggaran HAM di Jawa Barat ini, berdasarkan data yang masuk ke Komnas HAM jumlahnya cukup tinggi,  ada 288 tahun 2020. Data kuantitatif menempati urutan ke dua di Indonesia,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa berdasarkan data tersebut Komnas HAM sudah meminta komitmen kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk berupaya dan bekerja dengan maksimal dalam menyelesaikan kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM yang terjadi.

Kerjasama dengan LBH Ansor Jawa Barat ini juga merupakan bentuk pengaduan proaktif Komnas HAM, supaya terjadi keseimbangan informasi. “Pengaduan proaktif datang ke daerah, disamping melakukan pertemuan dengan pihak pemerintah, juga melakukan pertemuan dengan unsur masyarakatnya, supaya adanya keseimbangan informasi,” pungkas Munafrizal Manan.

Pewarta: Chandra Gupta

 

Related posts

Leave a Comment