Bentuk Kader Muda Nahdlatul Ulama, PAC GP Ansor Cimaung Gelar PKD Pertama

Cimaung, Media Ansor – Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung sudah sejak lama dirintis dari tahun 2015. Karena berbagai kendala sehingga proses kaderisasi menjadi tertunda. Sampai pada 2 bulan ke belakang terdapat momentum program ”Sapa Kader” yang diinisiasi oleh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Bandung yang bertempat di Intina Coffee Gunung Puntang menghasilkan rekomendasi untuk melaksanakan proses kaderisasi yang massif di Kecamatan Cimaung.  Alhamdulillah, 2 bulan setelah pertemuan itu, dengan para panitia yang solid, akhirnya Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor di Kecamatan Cimaung berhasil diselenggarakan pada tanggal 28-29 November 2020.

PKD Angkatan pertama ini dilaksanakan di Yayasan Al-Mawaddi di Desa Jagabaya Kecamatan Cimaung, yang diampu oleh Rais Syuriah Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Cimaung KH. Dadang Mukhtar. Tempat ini dipilih sebagai sarana silaturahmi para kader kepada sesepuh Nahdhatul Ulama dan mendapat dukungan juga apresiasi yang sangat baik.

“Alhamdulillah ada para kader Nahdlatul Ulama muda yang datang. Saya sangat senang sekali, sudah lama saya nanti-nantikan ada kader muda yang akan memajukan syiar Nahdhatul Ulama di Kecamatan Cimaung ini,” kata KH. Dadang Mukhtar.

Kegiatan ini sempat terkendala pandemi Covid-19, juga masa Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak 2020 di kabupaten Bandung. Namun melalui proses izin dan koordinasi dengan berbagai pemangku kebijakan, seperti Polsek Cimaung sebagai Satgas Covid 19 dan Panwascam Cimaung, proses kaderisasi ini dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan PKD  yang dihadiri oleh 41 peserta dari berbagai Desa di kecamatan Cimaung ini menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di setiap kegiatan. Setiap Peserta harus menjaga physical distancing  ketika acara berlangsung dan memakai masker yang disediakan oleh panitia. Hand Sanitizer disediakan di depan pintu masuk.

Pelatihan kader ini bertujuan untuk membentuk kader muda Nahdhatul Ulama yang mempunyai hujjah yang kuat dalam ‘amaliahnya, militan dalam organisasi dan menjaga ulama, bangsa dan negara serta mempunyai kemandirian dalam menghadapi tantangan zaman, sehingga tema yang diusung dalam PKD ini adalah “Membentuk Kader Ansor yang Berpengetahuan, Militan, dan Mandiri dalam Bingkai Ahlus Sunnah Wal Jama’ah An-Nahdhiyyah”.

Peserta PKD menerima materi dengan mematuhi protokol kesehatan

Para peserta PKD diberi pemahaman yang memperkokoh idealisme tentang ke-Nahdlatul Ulama-an, Ke-Aswaja-an, dan ke-Ansor-an. Selain guna meningkatkan kecintaan terhadap Nusa dan Bangsa Indonesia peserta diberi materi tentang ke-Indonesia-an/ kebangsaan dan kepemimpinan yang diisi oleh Sesepuh Nahdlatul Ulama setempat, PC GP Ansor Kabupaten Bandung dan Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Barat.

PW GP Ansor mendelegasikan Sahabat Dida Achmad sebagai instruktur dalam mengisi materi kepemimpinan di kegiatan PKD di Cimaung ini. “Sahabat semua (peserta pelatihan) harus menjadi kader penggerak Nahdhatul Ulama. Karena, banyak yang mempunyai ‘amaliyah NU tapi tidak berkenan untuk menjadi penggerak NU,” ujarnya.

Pengurus juga mengakomodir tokoh di wilayah guna mendukung eksistensi dan program PAC GP Ansor Cimaung, baik pada acara pelatihan kader yang sedang berlangsung maupun program jangka panjang selanjutnya. Bapak Osin Permana, M.Ag sebagai salah satu tokoh di Kecamatan Cimaung (Ketua KPU Kabupaten Bandung periode 2008 – 2013) memberikan motivasi kepada para peserta tentang kepemimpinan. “Ansor harus menjadi pemimpin di semua lini masyarakat. Tentunya pemimpin yang mempunyai niat “li ‘izzatil Islam” dan harus mencontoh Rasul dan Sahabatnya,” pesannya,  (28/11).

Alhamdulillah Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor di Kecamatan Cimaung diselesaikan dengan lancar dan merekomendasikan Rencana Tindak Lanjut (RKTL) untuk membentuk Pimpinan Ranting di Desa se-Kecamatan Cimaung dan membuat program prioritas untuk menghidupkan tradisi ke-Nahdlatul Ulama-an dan pemberdayaan kader PAC GP Ansor Cimaung.

Kegiatan ditutup oleh KH. Dadang Mukhtar sebagai Rois Syuriah MWC NU Cimaung dengan prosesi “Bai’at” dan Beliau juga memberikan ijazah “Asmaul Husna” untuk diamalkan oleh para kader GP Ansor PAC Cimaung.

Pewarta: Shofwan Abdul Aziz

Editor: Chandra Gupta

Related posts

2 Thoughts to “Bentuk Kader Muda Nahdlatul Ulama, PAC GP Ansor Cimaung Gelar PKD Pertama”

  1. Ust Acep Malik Rohimat S Ag

    Bentuk dari cinta tanah air sebagian dari iman

Leave a Comment