Ansor Kab. Bandung Ikuti Apel Virtual Kesiapsiagaan Bencana Yang Digelar PW Ansor Jabar

Kab. Bandung, Ansor Media – Pimpinan Cabang Gerakan Pemudan Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Bandung mengikuti Apel Virtual  Kesiapsiagaan  Bencana yang digelar oleh Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (PW Ansor) Jawa Barat melalui aplikasi digital zoom. Apel yang diikuti oleh 5000-an peserta dari unsur Pengurus Ansor Se-Jawa Barat ini diikuti dengan menyebar tiga titik di Kecamatan Kertasari, Kecamatan Pacet dan Kecamatan Dayeuhkolot dengan diwakili masing-masing oleh Banser dan Kyai muda Rijalul Ansor, Selasa (09/02).

Selain dihadiri oleh PW Ansor Jawa Barat, hadir pula Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) sekaligus Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dhofiri.

“Semoga dengan dilaksanakannya apel ini akan terwujud visi dan misi yang sama sehingga bisa diimplementasikan oleh seluruh anggota kader Banser se Jawa Barat”, kata Kapolda Irjen Ahmad Dofiri dalam sambutannya.

Kapolda Jawa Barat juga menyampaikan bahwa, sebagaimana wataknya yang telah digariskan, dengan semangat kepemudaan, kerakyatan, keislaman, dan kebangsaan, Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat diharapkan bisa terus eksis, memiliki keteladanan, kejuangan, kepeloporan dan jiwa penolong dalam menegakkan ajaran Islam. Dan berharap akan terus terbangun kerjasama yang intensif bersama Ansor dan Banser Jabar dalam rangka menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Jawa Barat.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum PP GP Ansor berpesan bahwa harus tetap ada kewaspadaan dalam menghadapi kemungkinan bencana yang bisa datang kapan saja. “Jangan kendor dan tidak boleh lengah. Ini dalam rangka melindungi diri kita, keluarga dan lingkungan sekitar kita,” pesan Gus Yaqut.

Gus Yaqut juga menyampaikan agar kader-kader Ansor, Banser dan Rijalul Ansor sekaligus kader NU harus memiliki cita cita besar dan juga berjiwa besar. “Berjiwa besar itu tidak pengecut, kita pantang mencari masalah. Tapi kalau ada masalah kita harus menghadapinya, jangan menghidar. Yang kedua, tidak boleh serakah. Apa yang ada, yang kita miliki saat ini kita syukuri dan jangan mengambil yang bukan hak dan milik kita,” ujar Gus Yaqut.

“Saya selalu mengingatkan sebagai kader ansor dan banser jangan pernah terbang ketika dipuji dan tidak akan tumbang ketika dicaci,” lanjutnya.

Selanjutnya kader Ansor harus memiliki komitmen untuk memanusiakan manusia dalam rangka mengembangkan peradaban yang luhur dengan tanpa mempertimbangkan latar belakang perbedaan agama, suku bangsa.

“Setiap kader Ansor dan Banser harus terus menempa diri agar kapasitas yang dimiliki sesuai dan lebih bermakna ditengah masyarakat. Dan Apel  Kesiapsiagaan  Bencana ini merupakan bentuk respon dan tanggungjawab atas tragedi-tragedi kemanusiaan yang terjadi”, pungkasnya.

Ketua PW GP Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar mengatakan gelaran Apel Kesiapsiagaan Bencana sebagai bentuk konsolidasi para kader Ansor, Banser dan Rijalul Ansor di Jawa Barat untuk bersama-sama siap dan waspada menghadapi segala kondisi dan cuaca alam yang ada terutama pada musim penghujan akhir-akhir ini.

“Bukan sekedar apel dan kumpul-kumpul. Tapi meneguhkan komitmen dan perjuangan kemanusiaan kita semua agar selalu siap turun ditengah masyarakat menghadapi berbagai kemungkinan dan situasi yang ada,” tuturnya.

Deni Ahmad Haidar juga berpesan kader Ansor, Banser dan Rijalul Ansor Jawa Barat untuk senantiasa memohon petunjuk dan pertolongan Allah SWT, dengan menyatakan bahwa, “kami Ansor Banser se Jawa Barat menyatakan; Senantiasa siap siaga menjadi bagian dari masyarakat yang siaga bencana, senantiasa berikhtiar menjadi pelopor dan teladan dalam meneggakan disiplon protokol kesehatan di masyarakat, dan senantiasa istiqomah melakukan edukasi penyadaran dalam menjaga lingkungan,” terangnya.

Dengan suksesnya Apel Virtual Kesiapsiagaan Bencana Jawa Barat ini, Kasatkorwil Banser Jawa Barat, Kang Yudi mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader Ansor, Banser, dan Rijalul Ansor Jawa Barat. “Assalamu’alaikum, atas nama PW GP ANSOR JABAR DAN SATKORWIL BANSER JABAR kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas suksesnya penyelenggaraan Apel Virtual Kesiapsiagaan Bencana di Jawa Barat ini, semoga segala kebaikan sahabat dibalas oleh Allah SWT., jaga protokol kesahatan dan siap siaga menghadapi bencana,” ucapnya.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bandung Ahmad Fathoni sangat bersyukur atas terlaksananya Apel Virtual Kesiapsiagaan Bencana yang digelar oleh PW GP Ansor Jawa Barat, sebagai kader Ansor dia menyampaikan dengan mengikuti giat Apel Virtual ini diharapkan jajaran Ansor, Banser dan Rijalul Ansor Kabupaten Bandung dapat menjaga keluarga dan masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan siaga terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

Pewarta: Chandra Gupta

Related posts

Leave a Comment