LBH Ansor Kab. Bandung Gelar Edukasi Publik Bersama Komisi Yudisial RI

Solokanjeruk, Ansor Media – Komisi Yudisial Republik Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor PC GP Ansor Kabupaten Bandung menggelar diskusi publik dengan tema Edukasi Publik “Peran dan Fungsi Komisi Yudisial dalam Pemenuhan Hak atas Keadilan Masyarakat,” di Pondok Pesantren Sa’adatuddaroin, Solokanjeruk, Kamis, (23/9).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal yang juga akrab disapa Kang Cucun, sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Sa’adatuddaroin yang menjadi tuan rumah acara ini.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Yudisial Prof. Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, S.H., M.Hum., Wakil Ketua Komisi Yudisial Drs. M. Taufiq HZ., M.HI., dan Kang Odis Ketua Perkumpulan Indonesia Muda.

Komisi Yudisial dibentuk pada saat masa transisi dari pemerintahan orde baru ke reformasi,  sebagai jawaban atas ketidak percayaan masyarakat terhadap penegakan hukum yang ada pada masa orde baru.

“Ada pertanyaan, apakah masyarakat percaya dengan para hakim dan pengadilan di masa itu?karena masih masa transisi, dan masyarakat masih belum percaya. Maka didoronglah Komisi Yudisial yang melakukan pengawasan terhadap kinerja para hakim,” terang Ketua Komisi Yudisial dalam sambutannya.

Pernyataan yang sama juga disampaikan dalam sambutan Kang Cucun Ketua Fraksi PKB DPR RI yang mengatakan bahwa, “Komisi Yudisial adalah satu Lembaga yang lahir dari rahim reformasi, bagaimana dulu di era orde baru kita melihat pengadilan yang begitu tidak jelas arah ujung pangkalnya ke mana. Tapi dengan kehadiran Komisi Yudisial, dari proses seleksi hakim sampai ke pengawasan, kemudian peran serta masyarakat bisa mengawasi putusan-putusan perkara yang ditangani oleh hakim. Ini adalah suatu tatanan yang luar biasa,” katanya.

Ketua LBH Ansor Kabupaten Bandung Firman BW sekaligus pelaksana kegiatan menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya acara ini dapat membangun partisipasi masyarakat terhadap hukum di negeri ini.

“Dengan adanya partisipasi masyarakat terhadap hukum di negeri ini, maka diharapkan para hakim selalu mengambil keputusan yang tepat dan seadil-adilnya,” ujar Firman.

Dia juga menegaskan bahwa LBH Ansor PC GP Ansor Kabupaten Bandung akan selalu siap membantu Komisi Yudisial dalam mengawasi dan berpartisipasi penegakan hukum, khususnya di Kabupaten Bandung.

“GP Ansor Kabupaten Bandung, khususnya LBH Ansor akan selalu siap mengawasi dan berpartisipasi demi tegaknya keadilan bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Bandung,” pungkasnya.

Pewarta: Chandra Gupta

 

Related posts

Leave a Comment